Manisan Cabai

Cabe, atau orang jawa bilang lombok, seringnya dibuat sambal atau saus untuk menggugah selera makan. Banyak atau mungkin sering kita jumpai, hampir setiap hari, ibu kita, istri kita membuat sambal untuk teman lauk makan. Makan kalau tanpa sambal, rasanya ada yang kurang gitu, katanya (mungkin sebagian orang merasakannya). Mungkin termasuk diriku, pas kebetulan selera makan turun, “dinner” hanya mie rebus (kuah dah mulai dingin), daripada mubazir kasih saus sambel, habis juga, Alhamdulillah.
Di pinggir-pinggir jalan, terutama di pinggir alun-alun gede, banyak kedai lesehan menawarkan makanan untuk santap malam, menu yang biasa tersedia = Ayam bakar, Ayam goreng, Bebek bakar, Bebek goreng, Pecel lele, Sate, Nasi goreng, apalagi ? Untuk minuman ada es teh, kopi, susu, bajigur, teh panas, ronde, dan sebagainya. Anda mau pesan apa ? Tentunya untuk hidangan nasi plus ayam bakar misalnya, sambal terasi atau sambal tomat tidak ketinggalan plus lalapan timun, kobis, dan daun kemangi. Hmm.. yummy. Ups..jangan salah, terlalu sering makan makanan seperti tersebut diatas (fast food atau junk food?), apalagi tiap malam, tidak baik buat kesehatan, bisa kena penyakit Ginjal atau Liver. Yah, sekali kali tidak mengapa, misal dua minggu sekali atau sebulan sekali, Insya Allah gpp.
Nah, disini akan disajikan cara membuat manisan cabe. Kalau membuat sambal mah, Insya Allah semua orang dah tahu (tahu sih, tapi belum tentu bisa membuat, takut kena mata, he2). Cabe juga mengandung vitamin C dan vitamin A loh, CMIIW (corect me if i am wrong).
Bahan =
1.Cabe yang berdaging tebal. Bisa dicari di pasar, Insya Allah ada. Beli setengah kilo dulu, harga belum naikkan ?
2.Gula pasir secukupnya (asal dah manis, Insya Allah bisa).
3.Garam.
4.Air.
Cara Membuat =
1. Belah cabe, dan buang semua isi atau jeroan cabe, termasuk biji dan tangkai putih yang ada didalam cabe. Kata orang, yang membuat rasa pedas adalah biji dan tangkai putih yang terdapat dalam cabe.
2. Setelah itu, rendam cabe yang telah dibuang isinya kedalam air garam selama 6 sampe 12 jam. Ini bertujuan untuk menghilangkan sisa-sisa rasa pedas yang ada di dalam cabe.
3. Sementara itu, masak air dan gula pasir, aduk hingga merata hingga mengental dan masak. Angkat, dan usahakan masih dalam keadaan panas.
4. Ambil cabe yang telah direndam dalam larutan garam, tiriskan dan cuci bersih.
5. Lalu rendam cabe tersebut dalam larutan gula (dalam keadaan panas, supaya rasa manisnya meresep kedalam cabe, tapi bukan dalam keadaan kompor menyala).
4. Rendam kira-kira 6 -12 jam, lalu cicipi cabenya apakah sudah manis atau belum. Kalau belum, tiriskan cabe, lalu masak lagi larutan gula tersebut. Setelah masak, matikan kompor, masukan kembali cabenya ke dalam larutan gula. Rendam lagi..dan seterusnya..
5. Jika dirasa sudah manis, cabe siap untuk dihidangkan dan dinikmati..
makalah dari http://www.kuedonat.com/manisan-cabe.html

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s